Wow, Kapal Ojek Dilengkapi Perpustakaan

Bagi penumpang kapal angkut tradisional Kepulauan Seribu (Ojek) rute Pulau Tidung-Muara Angke kini tak perlu jenuh saat perjalanan laut. Pasalnya, kapal penyeberangan masyarakat ini kini dilengkapi fasilitas perpustakaan sederhana dengan buku-buku berkualitas tentunya.

“Ini trobosan dan harus diapresiasi, buku-buku itu dapat dimanfaatkan penumpang saat dalam perjalanan,” ujar Camat Kepulauan Seribu Selatan, Satriadi Gunawan saat meluncurkan perpustakaan kapal yang digagas Taman Baca (Manca) Nyiur Pulau Tidung di Gedung Perhubungan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Sabtu (5/2).

Menurut Camat, pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, buku-buku bacaan itu akan lebih bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan masyarakat. “Output dari ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Memang harus pakai strategi agar masyarakat dapat rajin membaca dan ini salah satunya,” kata Satriadi.

Penulis Novel Lelaki Laut dan putra pulau setempat, Alamsyah M Ja’ffar mengungkapkan, mengajak masyarakat Kepulauan Seribu untuk membaca memang membutuhkan perjuangan. Cara dan upaya harus dilakukan untuk membangkitkan minat baca masyarakat.

“Diakui atau tidak, minat baca masyarakat pulau masih minim. Karena itu, kita wajib melakukan upaya membangkitkan minat baca mereka. Kalu bukan dari kita siapa lagi,” ungkap Alamsyah.

Dalam acara diikuti sekitar 70 peserta dari kalangan pelajar dan masyarakat pulau tersebut juga dilaksanakan bedah Novel “Lelaki Laut” karya Alamsyah M Ja’ffar. Novel yang menceritakan kisah hidup anak Pulau Seribu ini cukup menyedot perhatian karena berisi tentang perjuangan dan motivasi hidup dari kehidupan masyarakat pulau.

Sumber: http://www.beritapulauseribu.com | Minggu, 06 Februari 2011 15:33

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s