Islam Indonesia dan Gerakan Sosial Baru*

Alamsyah M. Dja’far

Beragam fakta historis menunjukkan betapa Islam memiliki peran penting membentuk struktur budaya, sosial dan politik di Nusantara. Melalui corak kesufian yang dikembangkan para Wali Songo misalnya, Islam berhasil membentuk corak keberagamaan masyarakat sekaligus dianggap salah satu fak­tor yang menentukan kesuksesan penyebaran Islam di Nusan­tara. Gera­kan kultural keagamaan yang mereka lakukan itu juga memberi kontribusi penting bagi perkembangan pesantren dan mad­rasah, pusat pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu keagama­an, yang jumlahnya saat ini mencapai lebih dari 50 ribu buah.[1] Di era Demak, penguasa telah menjadikan syariat Islam dijadikan dasar pengelolaan kerajaan. Islam hadir sebagai agama resmi bagi kerajaan yang berdiri sejak tahun 1478 ini. Salah satu jejak pe­ninggalan akulturasi kebuda­yaannya adalah Masjid Agung Demak yang didirikan Walisongo.

Di masa-masa itu, Islam memengaruhi sekaligus terpe­nga­ruh struktur sosial-politik yang ada. Sebagai sesuatu yang datang dari luar, Islam mampu menerima berbagai unsur lokalitas yang sudah ada sebelumnya. Tidak hanya Islam, Hindu dan Budha seperti yang berkembang di era Majapahit juga mengalami proses yang kurang lebih sama: menerima unsur lokalitas. Bahkan di akhir kekuasaannya, Majapahit cukup toleran menerima keha­diran para penyebar Islam seperti Sunan Ampel. Menurut sejum­lah ahli, sikap itu dibuktikan dengan pemberian gelar Raja Maja­pahit kepada Sunan Ampel sebagai Romo Bayan Ampel. [2] selanjutnya

—-

Tulisan Pengantar Editor untuk buku Perspektif Pesantren: Islam Indonesia, Gerakan Sosial Baru, Demokratisasi karya Ahmad Suaedy (Jakarta; Wahidinstitute, 2009).


[1] Dr. M. Solihin, M.Ag, Melacak Pemikiran Tasawuf di Nusantara, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005), hal. 135

[2] Abdurrahman Wahid, Mengurai Hubungan Agama dan Negara, Kacung Marijan dan Ma’mun Murod Al-Brebesy (ed), (Jakarta: Grasindo, 1999), hal. 103-104.

One thought on “Islam Indonesia dan Gerakan Sosial Baru*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s